Kunjungan Presiden German di Jogja National Museum

Ketua Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara KPH. Wironegoro, M.Sc menerima kunjungan Presiden German Frank-Walter Steinmeier di Jogja National Museum dalam rangka melihat proyek kolektif seni Monumen Antroposen pada hari Jumat, 17 Juni 2022.
β€œDalam kunjungannya ke JNM, Presiden German disuguhkan dengan pameran kecil dan presentasi dari proyek Monumen Antroposen yang sengaja dipindah sementara dari lokasi utama di Kawasan tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan ke JNM,” ujar Kurator Monumen Antroposen, Ignatia Nilu

Proyek Monumen Antroposen ini merupakan sebuah konsep seni kolosal yang bersandar pada kesadaran manusia yang hidup beserta lingkungannya, dan gagasan pembangunan monumen ini merupakan hasil dari perenungan nilai kebudayaan lokal yang dapat berpengaruh pada keharmonisan antar manusia, alam, dan Ilahi secara holistik.

Monumen Antroposen adalah gagasan dari Indonesian Upcycle Forum dan didukung penuh oleh Goethe-Institut Indonesia dan German Federal Foreign Office, yang harapannya dapat menjadipusat budaya dan ekonomi kreatif yang mempromosikan ekonomi sirkular yang berbasis komunitas.

Dalam Lawatan ke Jogja National Museum, Presiden German Frank- Walter Steinmeier juga memberikan statment β€œKetika melihat pertunjukkan seni kontemporer di JNM, seniman di sini mampu menggabungkan teknologi modern yang menyatu dengan kesenian. Bahkan kreativitas seni yang dibuat oleh para seniman peka kepada isu-isu yang terjadi di Indonesia. Terkait kesenian yang ada di sini kami berikan dukungan. Tentu saja ini sesuatu yang bagus dan juga bisa mendapat dukungan dari pemerintah daerah”

berikut dokumentasi lawatan Presiden German di Jogja National Museum :